Bupati Bolmong Hadiri FKUB, Dorong Moderasi Beragama untuk Harmoni

LIPUTANBMR.COM,Bolaang Mongondow, 11 Juni 2024- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow, dr. Jusnan C. Mokoginta, M.A.R.S, menghadiri Kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bolaang Mongondow yang bertema “Moderasi Beragama Untuk Umat Lebih Rukun dan Damai”. Acara tersebut diselenggarakan di Efthree Hotel Mogolaing pada Selasa, 11 Juni 2024, dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting dari berbagai latar belakang agama.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara, Kepala Kemenag Bolmong, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Kepala Kesbangpol Bolmong Kris Kamasaan, serta perwakilan tokoh-tokoh lintas agama.

Dalam sambutannya, Bupati Jusnan Mokoginta menekankan pentingnya moderasi beragama sebagai jalan tengah untuk menjalin kerukunan dan toleransi antar umat beragama. “Moderasi beragama adalah kunci untuk menciptakan kerukunan di tengah masyarakat yang majemuk. Dengan bersikap moderat, kita dapat menghargai perbedaan dan hidup berdampingan secara damai,” ujar Jusnan.

Untuk mendukung upaya FKUB, Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow berkomitmen memberikan anggaran guna mensosialisasikan pentingnya kerukunan antar umat beragama. “Kami akan mencetak pamflet dan memasang baliho berisi pesan-pesan perdamaian dan toleransi di wilayah-wilayah yang masih rawan konflik. Hal ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kerukunan,” lanjut Jusnan.

Jusnan berharap program kerukunan yang sedang dijalankan di Bolaang Mongondow dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Indonesia. “Semoga program kita tentang kerukunan ini menjadi role model untuk daerah-daerah lainnya. Dengan begitu, kita bisa menciptakan Indonesia yang lebih harmonis dan damai,” pungkasnya.

Acara ini diakhiri dengan dialog dan diskusi antara peserta, yang semuanya bersepakat bahwa kerukunan antar umat beragama adalah fondasi penting bagi pembangunan daerah dan bangsa. Para peserta juga menyatakan komitmen mereka untuk terus mendukung segala upaya yang dilakukan demi tercapainya kedamaian dan harmoni di masyarakat. (Salman)

Check Also

Pemkab Bolmong Tanggap Darurat: Bocah Viral di Desa Domisil Segera Dibantu

LIPUTANBMR.COM,BOLMONG— Video viral yang memperlihatkan dua bocah di Desa Domisil, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow …