Pj Walikota Serahkan Bantuan Traktor Untuk Lima Kelompok Tani Kotamobagu

Pj Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani bersama lima kelompok tani yang menerima bantuan

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu memberikan bantuan Traktor kepada kelompok tani (Poktan) yang ada di Kota Kotamobagu.

Bantuan diserahkan langsung oleh Pj Wali Kota Asripan Nani kepada para ketua kelompok, didampingi Sekretaris Daerah Kotamobagu Sofyan Mokoginta dan para asisten dan OPD Pemkot Kotamobagu, Selasa (11/6/2024).

Bantuan Alsintan tersebut diberikan kepada 5 kelompok tani, masing-masing Poktan Mokidulu Desa Pontodon Timur, Poktan Salsabita Desa Moyag Todulan, Poktan Itoyang Desa Kobo Kecil, Poktan Tuyobong Desa Tabang, serta Poktan 46 Kelurahan Motoboi Kecil.

Melalui sambutannya, Penjabat Walikota Kotamobagu menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan pemerintah pusat melalui Distankan Kotamobagu harus disyukuri.

“Ini tentu kesyukuran bagi kita bersama karena pemerintah pusat melalui Dinas Pertanian Kotamobagu membantu masyarakat Kotamobagu terutama kelompok-kelompok tani,” kata Asripan.

Dikatakannya lagi, dengan adanya bantuan Traktor tersebut tentunya sangat memberikan manfaat bagi para petani dalam menggarap lahan pertanian.

“Bantuan traktor ini tentunya akan lebih membantu para petani, karena kerja akan lebih efisien dalam segi waktu, sehingga bisa meningkatkan produksi hasil pertanian, dengan begitu kesejahteraan para petani kita juga akan ikut meningkat,” tuturnya.

Kepada para Poktan yang menerima bantuan, Asripan berpesan untuk menjaga dan merawat Traktor yang telah diberikan pemerintah.

“Saya pesan kepada para Ketua dan anggota kelompok jaga alat ini, rawat dengan baik agar awet. Bila perlu dimusyawarahkan dengan anggota untuk pemanfaatannya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Distankan Kotamobagu, Fenti Dilasandi Mifta mengatakan bahwa bantuan Alsintan berupa 5 unit Traktor tersebut bersumber dari APBN tahun 2024 Satgas Kementerian Republik Indonesia.

Senada dengan Walikota, Fenti juga menyampaikan bahwa tujuan diberikannya Alsintan tersebut guna membantu para petani dalam mengolah lahan pertanian yang lebih efektif.

“Dengan adanya alsintan ini diharapkan petani dapat meningkatkan efektivitas pekerjaan petani untuk pengolahan lahan yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan produksi hasil pertanian,” harapnya.

Acara penyerahan yang digelar di Aula Kantor Distankan Kotamobagu tersebut turut dihadiri Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta, para Asisten, sejumlah pimpinan OPD serta para Babinsa pendamping desa/kelurahan.

Penulis: Mira Manangin

Check Also

Distankan Kotamobagu Mulai Lakukan Pemeriksaan Antemortem Hewan Kurban

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU – Menjelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriyah Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota …