Suasana sosialisasi Kasda Online tengah berlangsung (Foto: Istimewa)

Pemkot- BSG Gelar Sosialisasi Kasda Online

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bersama Bank SulutGo (BSG) Cabang Kotamobagu mengelar sosialisasi pengenalan dan penggunaan aplikasi kas daerah (Kasda) Online Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kegiatan yang digelar di Hotel Sutan Raja tersebut dihadiri Kepala Cabang (Kacab) BSG Kotamobagu, Junike Sumawati Paputungan dan diikuti peserta yang terdiri dari para kepala OPD lingkup Pemkot Kotamobagu.

Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Pra Sugiarto Yunus, untuk penggunaan Kasda Online sendiri sudah dilaksanakan Pemkot Kotamobagu pada tahun sebelumnya.

“Kasda Online sudah diterapkan Pemkot pada tahun sebelumnya, namun ketika RKUD pindah ke BRI yang kita terapkan adalah system CMS. Tahun sebelumnya juga sebelum pindah ke BRI memang Kasda Online sudah diaplikasi oleh Pemkot. Akan tetapi fokusnya lebih ke BUD dalam hal ini DPKD karena aplikasi ini secara bertahap dikembangkan oleh Bank SulutGo,” terang Ato’ sapaan akrabnya.

Masih menurutnya, penerapan Kasda Online merupakan komitmen BSG dalam rangka perbaikan pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi.

“Aplikasi ini juga dalam rangka penerapan gerakan non tunai. Dimana, kepala OPD selaku Approfer kemudian Sekretaris sebagai Caker dan Bendahara sebagai Maker melaksanakan proses keuangan secara online. Jadi bisa diakses hanya melalui smart phone,” terangnya.

Sementara itu, Kacab BSG Kota Kotamobagu Junike Sumawati Paputungan mengatakan, selain memudahkan transaksi, aplikasi Kasda Online juga sudah memiliki tingkat keamanan ganda.

“Aplikasi ini sudah didukung tiga lapis keamanan user, yaitu maker, caker dan approfer. Dari segi waktu aplikasi dapat diakses kapan pun dalam perangkat apapun termasuk PC, Laptop, atau Ponsel yang terkoneksi dengan internet,” tuturnya.

Ia pun berharap untuk pengelolaan keuangan pemerintah bisa segera diimplementasikan melalui transaksi non tunai.

“Untuk itu BSG sebagai mitra pemerintah daerah berupaya mendukung dan memberikan solusi pengelolaan keuangan tersebut, salah satunya melalui aplikasi Kasda Online,” tandasnya.(*/Hendrawan)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar