Hadiri Pelantikan PPS Pilkada 2024, Pj Walikota Kotamobagu Minta Jaga Integritas dan Netralitas 

Pj Walikota Asripan Nani saat menghadiri pelantikan PPS Pilkada 2024

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU – Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani hadiri pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di daerah Kota Kotamobagu.

Kegiatan yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu tersebut digelar di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Minggu (26/5/2024).

Dalam sambutannya, Pj Walikota menyampaikan ucapan selamat kepada 99 anggota PPS yang baru saja dilantik.

“Atas nama Pemerintah Kota Kotamobagu saya mengucapkan selamat atas dilantiknya bapak dan ibu sekalian. Mudah-mudahan anggota PPS yang dilantik hari ini, menjadi petugas yang dapat menjaga integritas dan netralitas,” kata Asripan Nani.

Lanjutnya, ukuran sebuah kemajuan demokrasi bukan ditentukan oleh siapa yang menjadi pemenang dalam pemilihan, tetapi tingkat partisipasi di daerah tersebut juga menjadi bagian penting dalam demokrasi.

“Bapak dan ibu anggota PPS yang baru saja dilantik, undang-undang mengamanatkan kepada kalian untuk menyukseskan Pilkada di Kota Kotamobagu. Pada Pemilu tahun 2024 tingkat partisipasi Kotamobagu berada pada angka 80an persen, Saya berharap KPU Kotamobagu dan jajaran Adhoc, dapat meningkatkan lagi partisipasi pemilih di daerah Kotamobagu,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kotamobagu, Mishart A. Manoppo mengatakan, berintegritasnya Pilkada Kota Kotamobagu juga tergantung pada PPS sebagai perpanjangan tangan KPU di tingkat kelurahan dan desa dalam menjaga marwah penyelenggaraan Pilkada.

“Kerja PPS diikat pakta Integritas dan undang-undang serta peraturan lainnya. Lembaga kita adalah lembaga hierarkis dari KPU RI hingga PPS tingkat kelurahan dan desa. Maka, sekali lagi saya tekankan, bekerjalah sesuai aturan, tidak ada pekerjaan tambahan diluar dari aturan kelembagaan. Berdirilah di tempatmu sendiri jangan terpengaruh karena kali ini kita akan me-manage konflik kepentingan, konflik politik yang sangat berefek pada baik tidaknya Kota Kotamobagu ke depan,” tutup Mishart.

Turut hadir dalam acara pelantikan, Penjabat Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani, para Komisioner KPU Kota Kotamobagu, Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu, unsur Forkopimda, para camat serta PPK se Kota Kotamobagu.

Penulis: Mira Manangin

Check Also

Distankan Kotamobagu Mulai Lakukan Pemeriksaan Antemortem Hewan Kurban

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU – Menjelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriyah Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota …