Dukung UMKM, Disdagkop UKM Kotamobagu Dorong Alfamart dan Indomaret Terima Produk Lokal

Kepala Disdagkop UKM Kotamobagu, Ariono Potabuga

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU- Bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terhadap produk UMKM,  Dinas Perdagangan UKM dan Koperasi, mengimbau agar gerai-gerai Alfamart dan Indomaret yang beroperasi di Kotamobagu memberikan ruang bagi produk lokal.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan UKM dan Koperasi Kotamobagu, Ariono Potabuga, produk-produk lokal yang ingin dijual di Alfamart dan Indomaret harus memenuhi standar kelayakan konsumsi.

“Sebelum masyarakat menjajakan produknya di dua tempat tersebut, mereka wajib terlebih dahulu mendapatkan lisensi. Hal ini penting supaya produk-produk yang dijual layak dikonsumsi dan terjamin kualitasnya,” kata Ariono.

Ariono menyarankan agar para pelaku usaha berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan produk makanan dan minuman mereka memenuhi standar yang ditetapkan.

“Dengan demikian, produk lokal bisa bersaing dan diminati oleh konsumen yang berbelanja di Alfamart dan Indomaret yang ada di Kotamobagu,” tambahnya.

Produk-produk dari pelaku usaha lokal Kotamobagu dikenal memiliki kualitas yang baik. Ariono mengungkapkan bahwa produk-produk ini tidak hanya enak, tetapi juga pantas untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.

“Kualitas produk lokal kita bisa dibilang sangat baik. Oleh karena itu, Alfamart dan Indomaret perlu membuka pintu bagi produk-produk ini dan membantu menjualnya,” tuturnya.

Ariono juga mengajak masyarakat untuk lebih mendukung produk lokal. Menurutnya, dengan membeli produk lokal, masyarakat turut serta dalam meningkatkan perekonomian daerah dan memberdayakan pelaku usaha lokal.

“Dukungan dari konsumen lokal sangat penting. Dengan membeli produk lokal, kita bisa membantu usaha kecil berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian Kotamobagu,” jelasnya.

Bagi para pelaku usaha yang ingin memasarkan produknya di Alfamart dan Indomaret, Ariono memberikan beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Pertama, pastikan produk memiliki izin dan lisensi yang diperlukan. Hal ini penting untuk menjamin produk aman dan layak dikonsumsi.

Kedua, lakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk mendapatkan bimbingan dan bantuan dalam memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Dinas Perdagangan UKM dan Koperasi Kotamobagu siap membantu pelaku usaha dalam proses ini.

Ketiga, perhatikan kualitas produk. Pastikan produk yang dijual memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan selera konsumen.

“Kualitas adalah kunci sebuah produk. Produk yang berkualitas tinggi akan lebih mudah diterima oleh konsumen dan memiliki peluang lebih besar untuk sukses di pasaran,” pungkasnya. (*)

Check Also

Asisten I Pemkot Kotamobagu Minta Lurah dan Kades Maksimalkan Penagihan PBB

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU – Hingga awal triwulan III tahun anggaran 2024, realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah atau …