Dilantik Gubernur, Asripan Nani Resmi Jabat Wali Kota Kotamobagu

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU– Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, secara resmi melantik 5 Penjabat Bupati/Wali Kota di wilayah Sulawesi Utara.

Dari 5 Penjabat yang dilantik, salah satunya Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si selaku Penjabat Wali Kota Kotamobagu.

Prosesi pengambilan sumpah janji dan pelantikan digelar di Mapalus Kantor Gubernur Sulut,.Senin (25/9).

Mengawali sambutannya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, menyampaikan apresiasi disertai ucapan terima kasih kepada bupati/wali kota atas pengabdian dan dedikasinya selama menjalankan tugas.

“Pertama saya ucapkan terima kasih yang tulus dan mendalam kepada bupati/wali kota atas dedikasi dan pengabdiannya yang selama ini sudah menjalankan tugas dengan baik sehingga apa yang kita saksikan hari ini provinsi Sulawesi Utara tetap mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dan penghargaan-penghargaan yang diberikan atas kerja dari para pejabat para bupati dan walikota yang hari ini berakhir masa tugas,” ujar Olly.

Kepada Penjabat Bupati/Wali Kota yang baru saja dilantik Olly pun menekankan agar menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

“Para penjabat bupati dan wali kota yang baru saja dilantik perlu disampaikan bahwa kepemimpinan adalah amanah yang harus dijalankan dengan integritas dedikasi dan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Olly pun berharap Penjabat Bupati/Wali Kota yang dilantik dapat menjadi pemimpin yang berdaya, mampu akan menjalankan tugas dengan baik serta memprioritaskan kepentingan rakyat dan pembangunan daerah.

“Filosofi jawa, kuasa nggendhong lali, dalam bahasa Indonesia artinya ketika kekuasaan didapat maka kekuasaan dimiliki bisa membuat orang berkuasa menjadi lupa, bisa lupa asal usulnya, bisa lupa teman, bisa lupa keluarga, bisa lupa prosesnya dia duduk menjadi pejabat bupati. Jadi saat menjalankan tugas, ingatlah pepatah jawa ini karena ketika kekuasaan itu dapat kadang-kadang orang hanya melihat terangnya lampu, tidak pernah melihat sisi gelap kekuasaan itu yang dia dapat,” tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya juga meminta kepada para Penjabat Bupati dan Wakil Wali Kota agar menjaga ketentraman dan ketertiban serta kondusifitas daerah dalam menghadapi tahun politik.

“Menghadapi tahun politik di bulan Februari mendatang, saya pesan untuk jaga ketentraman daerah serta harus menjaga netralitas supaya bisa berjalan dengan baik.

Diakhir sambutannya, Olly pun kembali menegaskan kepada Penjabat Bupati/Wali Kota agar menjalankan tugas yang diamanahkan dengan baik.

“Selain itu, rajin-rajin berdoa supaya pada saat evaluasi 3-4 bulan saudara-saudara tidak dievaluasi untuk diganti, karena setiap 3-4 bulan pejabat bupati wali kota selalu dievaluasi hasil kinerjanya, apa berjalan dengan baik atau tidak,” tegasnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Kotamobagu Dr. Drs. Asripan Nani M.Si, usai dilantik menyampaikan kesiapannya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan.

“Saya akan melaksanakan sesuai tugas saya dengan sebaik mungkin. Saya memohon dukungan masyarakat Sulawesi Utara terutama masyarakat Kota Kotamobagu untuk pelaksanaan tugas-tugas kedepan. Saya akan melaksanakan konsolidasi dan koordinasi baik secara internal maupun eksternal,” ujarnya.

Sebagai informasi, selain Kota Kotamobagu, ikut dilantik juga Penjabat Bupati Minahasa, Penjabat Bupati Minahasa Tenggara, Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara, dan Penjabat Bupati Siau Tagulandang Biaro.

Penulis: Hendrawan Madjahia

Check Also

Kunjungi Kemenpora, Pj Walikota Kotamobagu Bahas Rencana Pembangunan Stadion Gelora Ambang 

LIPUTANBMR.COM,KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si melakukan¬† Kunjungan …