Sekertaris DPRD Sulut Gladi Nova Linda Kawatu

Wawali Nayodo Koerniawan, Terima Kunker Sekretariat DPRD Sulut

LIPUTANBMR.COM, KOTAMOBAGU– Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, S.H, didampingi sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemkot Kotamobagu, menerima kunjungan kerja (Kunker) Sekretariat DPRD Provinsi Sulut diruang kerjanya, Kamis (25/6/2020) kemarin.

Ditemui usai kunjungan, Sekertaris DPRD Sulut Gladi Nova Linda Kawatu mengatakan, kunjungan yang dilakukan dalam rangka meminta masukan Pemkot Kotamobagu terkait
penyempurnaan draft Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) perlindungan dan pengendalian pohon.

“Kunjungan dari sekretariat dewan dan tim ahli DPRD Provinsi Sulut di Pemerintah Kota Kotamobagu untuk meminta masukan atas rencana atau draft Ranperda tentang pengendalian dan perlindungan pohon yang merupakan inisiatif DPRD,” ujarnya.

Menurut Gladi, Kota Kotamobagu menjadi salah satu daerah terbaik di Provinsi Sulut dalam hal pemeliharaan lingkungan. Hal ini terbukti dengan beberapa kali meraih piala Adipura. Alasan itu yang kemudian menjadi rujukan Sekertariat DPRD Provinsi Sulut memilih Kota Kotamobagu sebagai daerah kunjungan untuk penyempurnaan draft ranperda tersebut.

“Jadi sesuai dengan hasil rapat dengan Komisi III yang merupakan penginisiasi, untuk penyempurnaan Ranperda perlu ada masukan dari Kabupaten Kota. Kami memilih Kota Kotamobagu sebagai salah satu daerah untuk memintakan masukan, karena tidak mungkin 15 Kabupaten/ Kota kami datangi semua, walaupun kami menyurat. Nah, kami mengambil sampel salah satunya Kota Kotamobagu. Dimana Kota Kotamobagu kita tahu bersama, pemeliharaan lingkungannya adalah terbaik, dengan telah mendapatkan Adipura beberapa kali. Sehingga sekertariat DPRD Provinsi memandang perlu mendapat masukan dari Pemerintah Kota Kotamobagu, ketika akan menyusun regulasi tentang perlindungan dan pengendalian pohon ini,” terangnya.

Ia pun menyampaikan ucapan syukur dan berterima kasih kepada Pemkot Kotamobagu yang sudah memberikan saran dan masukan dalam kunjungan kerjanya itu.

“Kami bersyukur pak Wakil Wali Kota dan jajaran sangat luar biasa. Banyak masukan yang disampaikan kepada tim ahli dan Sekertariat DPRD. Ini akan kami teruskan ke Komisi III, menjadi bahan penyempurnaan draf Ranperda. Kearifan lokal terkait pohon ini juga diungkapkan oleh beberapa perangkat daerah dan pak wakil wali kota, dan itu tentu memperkaya DPRD Provinsi dan Sekertariat Dewan dalam memparipurnakan Ranperda ini. Pohon ini menjadi salah satu sumber kehidupan karena dari pohon menghasilkan oksigen dan itu baik untuk kita,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih, kepada rombongan dari DPRD Provinsi Sulut, yang telah berkenan mendatangi daerah Kotamobagu.

“Kami ucapkan terima kasih sudah berkunjung ke daerah ini dalam rangka berdiskusi dan bertukar pikiran bersama, untuk kemajuan daerah kedepan,” kata Nayodo.(*/HM)

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*