Kadis Disdagkop Berharap Sosialisasi SRG Bisa Tingkatkan Kualitas Komoditi dan Produk Bagi UKM dan Petani di Kotamobagu

LiputanBMR.com, KOTAMOBAGU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov-Sulut) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar sosialisasi Sistem Resi Gudang (SRG) yang bekerjasama dengan Disperindagkop-UKM Kota Kotamobagu, Kamis (12/09/2019) kemarin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Sutan Raja Hotel Kotamobagu yang dihadiri Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Instansi terkait.

Usai kegiatan, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negri Disperindag Sulut, Ronny Erungan saat diwawancarai awak media mengatakan, kegiatan tersebut membahas tentang permasalahan para petani, bagaimana mengatasi hasil panen rendah dan gagal.

“Masalah yang dibahas kepada peserta sosialisasi yakni ketika hasil panen rendah dan anjlok. Nah, kalau sudah begitu tentunya membutuhkan uang untuk menutupi modal atau pinjaman, inilah sebabnya SRG merupakan perlindungan kepada petani supaya komoditi dipasarkan masih punya harga yang bisa menunjang,” ujar Ronny

Masih kata Ronny menambahkan, kalau sosialisasi tersebut juga membahas soal pasar lelang.

“Tujuan membahas soal itu, karena untuk memfasilitasi penjualan komoditi agro di Kotamobagu ini, dengan cara para produsen dihimpun lebih dulu kemudian para petani undang buyer atau pembeli dan tidak menutup kemungkinan juga ada buyer luar daerah yang datang membeli komoditi di daerah ini, karena kegiatan ini secara nasional,” Ronny memungkasi.

Sementara itu ditemui terpisah di tempat yang sama Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM), Herman Aray mengatakan, dengan kegiatan tersebut para pelaku usaha dan petani di Kotamobagu diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan komoditi.

“Kegiatan ini dapat menambah ilmu bagi para peserta, khususnya pelaku usaha dan petani, jadi saya berharap kualitas komoditi dan produk yang dihasilkan para pelaku usaha dapat ditingkatkan agar bisa dibeli oleh buyer luar daerah,” pungkasnya.

(Febri)

Bagikan Berita ini

Komentar Facebook

Komentar

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*