Dinas Pertanian Bolmong Evaluasi Dampak Banjir terhadap Lahan Pertanian

LIPUTANBMR.COM, BOLMONG —Dinas Pertanian Bolaang Mongondow menggelar rapat evaluasi bulanan di Aula Dinas Pertanian untuk mengevaluasi dampak banjir yang terjadi beberapa waktu lalu terhadap lahan pertanian. Pertemuan ini melibatkan seluruh Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) se-Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Bolmong, Kamarudin Malah, yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Bolmong, Tony S. Toligaga, S.Pt., MP, menyatakan pentingnya rapat ini dalam menanggulangi dampak bencana alam terhadap sektor pertanian. “Rapat koordinasi Koordinator BPP se-Kabupaten Bolmong dilaksanakan setiap bulan untuk melakukan koordinasi dan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan Dinas Pertanian di seluruh wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow. Fokus kali ini adalah mengevaluasi dampak banjir terhadap lahan pertanian,” ujarnya.

Pada rapat yang dilaksanakan hari Selasa, 9 Juli 2024, hadir 13 koordinator BPP beserta dua perwakilan. Evaluasi ini mencakup kerusakan lahan dan dampak lainnya yang dialami oleh para petani. Selain itu, beberapa program yang sedang berjalan dan akan dilaksanakan juga dibahas untuk memastikan keberlanjutan pertanian di tengah tantangan cuaca ekstrem.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai permasalahan pertanian secara umum yang terjadi di lapangan dan membahasnya bersama dalam rapat tersebut,” tambah Kamarudin.

Rapat rutin ini diharapkan dapat memperkuat koordinasi dan sinergi antar lembaga dalam menghadapi tantangan alam, serta mewujudkan pertanian yang lebih tangguh dan berkelanjutan di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Check Also

Jalan Penghubung Desa Kembang Merta Amblas, BPBD Turun Tangan

LIPUTANBMR.COM,Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Dumoga Timur …