Otak

Inilah Trik Meningkatkan Daya ingat

LiputanBMR.com, Jakarta Tak ingin pikun di usia muda? Anda bisa menghindarinya dengan melakukan tips sehat dari Dr Roshini Raj yang biasa mengasuh kolom kesehatan di majalah Health.

Berikut delapan tips meningkatkan daya ingat dari Dr Roshini Raj, dilansir dari laman Today:

  1. Salmon

Salmon kata akan omega-3 yang disebut DHA. “DHA baik bagi otak. Studi menunjukkan DHA dapat meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat. Jadi makanlah salmon,” kata Dr Rashini.

  1. Sayuran hijau

Bayam, kale, atau sayuran berdaun hijau lainnya bisa membantu meningkatkan daya ingat. Sayuran hijau mengandung lutein, beta karoten, folat dan vitamin K. “Berkaitan dengan daya ingat, Wanita yang mengonsumsi satu atau dua cangkir biasanya memiliki otak yang 11 tahun lebih muda ketimbang yang tidak mengonsumsi sayuran hijau,” jelas Dr Rashini.

  1. Lemak sehat

Segala sesuatu yang bersifat menyehatkan bagi jantung juga baik untuk otak Anda, kata Dr Rashini. Kesehatan pembuluh darah di otak sangat memengaruhi daya ingat. “Makanlah segenggam kacang-kacangan,” jelasnya. “Hati-hati, karena kacang mengandung lemak, sebaiknya Anda juga memperhatikan lingkar pinggang sehingga tak mengonsumisnya terlalu banyak,” lanjutnya.

Anda juga bisa mencoba minyak zaitun yang memiliki oleocanthal, senyawa lain yang baik untuk kesehatan otak. Penelitian membuktikan zat tersebut dapat mengurangi protein amyloid di otak yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.

  1. Mendengarkan musik Mozart

Sering-seringlah mendengarkan musi, terutama musik klasik atau musik lain yang Anda sukai. Musik dapat meningkatkan daya ingat. Sebuah studi mengungkap, musik klasik bisa membantu daya ingat.

  1. Tertawa

Lakukan suatu hal yang membuat Anda tertawa. Dalam sebuah studi disebutkan, orang dewasa yang menonton video lucu memiliki ingatan yang lebih baik. “Anda bisa tertawa dengan menonton video lucu selama lebih dari 20 menit. Ini akan sangat membantu (daya ingat),” katanya.

  1. Meditasi

Tes MRI yang dilakukan pada pelaku meditasi menunjukkan perubahan positif di otak, termasuk pada pusat memori, kata Dr Rashini. Untuk mulai mencobanya, gunakan metode 7-7-7: Gunakan 7 detik untuk bernapas normal, 7 detik untuk menahan  napas, dan 7 detik lainnya untuk melepaskannya.

  1. Jangan putus asa

Meski beberapa orang mendengar, daya ingat mulai menurun di usia 20-an, ada bagian dari otak yang semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Kecerdasan yang berkaitan dengan kemmapuan mengintegrasikan pengalaman, skil, dan pengetahuan semakin memuncak di usia 60 atau 70-an.

  1. Ungkapkan

Jika sepertinya Anda tak bisa mengingat nama seseorang yang baru saja Anda kenal, Dr Rashini menyarankan untuk mengejanya sebanyak 3 kali di otak.

“Kebanyakan kita tak benar-benar mendengarnya saat pertama bertemuu. Itu sebabnya kita tak ingat,” tandasnya.

Sumber : Liputan6.com

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*