lombok

Ini Alasannya, Banyak Turis Malaysia Berkunjung ke NTB

LiputanBMR.com, Nusantara – Nusa Tenggara Barat menargetkan 3 juta wisatawan pada tahun 2016. Pada tahun 2015, Nusa Tenggara Barat berhasil mendatangkan 2.150.000 wisatawan melebih target sebelumnya yaitu 2 juta wisatawan.

“Jumlah wisatawan tersebut kami dapatkan dari BPS dengan mengambil sampling di 5 titik masuk antara lain bandara internasional, Bandara Bima, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Senggigi, Bangsal dan tiga gili,” jelas Lalu M fauzal, Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat kepada KompasTravel, Minggu (7/2/2016).

Menurutnya, wisatawan mancanegara terbanyak berasal dari Eropa dan Malaysia. Banyaknya wisatawan asal Malaysia, menurut Lalu, karena predikat Lombok sebagai destinasi wisata halal serta dibukanya maskapai yang membuka dua kali penerbangan dalam satu hari dari Malaysia menuju Bandara Internasional Lombok.

“Dari 3 juta wisatawan target tahun ini sebagiannya adalah wisatawan asing,” jelasnya.

Selain itu, menurut Lalu M Fauzal, pada tahun 2016 sudah ada rencana 18 kunjungan dari kapal pesiar. Kapal-kapal ini mulai masuk pada bulan Maret nanti hingga November. Mereka berasal dari Australia dan Eropa dan akan melakukan tur satu hari di Lombok. Mereka biasanya berkunjung ke museum dan taman budaya.

“Tahun 2015 kemarin ada 24 kunjungan dari kapal pesiar dan bisa jadi bertambah untuk tahun ini. Yang request baru 18. Rata-rata sekali kunjungan mereka ada sekitar 500 orang dengan rata-rata usia 40 tahun,” jelasnya.

Di Nusa Tenggara Barat, menurut Lalu M Fauzal ada beberapa destinasi wisata utama yang bisa dikunjungi. “Ada di Sumbawa seperti Tambora dan juga di Lombok di wilayah Mandalika dan Pantai Senggigi. Termasuk juga Rinjani dan di bawah kaki gunung Rinjani itu ada 24 air terjun yang sangat indah dan layak dikunjungi” tambahnya.

Sumber : Kompas.com

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*