Herry Coloay
Herry Coloay

HERCOL: “Warning Penyaluran Beras Miskin”

LiputanBMR,Kotamobagu– Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Utara melalui Sub Divre Bulog Bolaang Mongondow akan menyalurkan beras miskin (raskin) bagi rum tangga miskin yang merupakan bagian dari alokasi raskin 13 dan 14.

Rencananya, penyaluran raskin 13 dan 14 akan dilakukan selama Oktober hingga November 2015 di 15 kabupaten/kota se-Sulut. Pada penyaluran bulan Oktober, November & Raskin 13 untuk Kota Kotamobagu rencananya akan di salurkan pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2015 sementara Raskin 14 kemungkinan nanti bulan November 2015.

“Sebagaimana diketahui, idealnya penyaluran raskin hanya 12 kali yang dijual Rp1.600 per kg. Khusus tahun ini, penyaluran raskin dilakukan penambahan dua kali yaitu raskin 13 dan 14. Hal tersebut tercantum dalam surat edaran dari Menko Perekononian Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian No s-8/D.II. MEKON/09/2015” ujar Herry F.Coloay,SE/Sekretaris Komisi 3 DPRD Kota Kotamobagu & Ketua Fraksi Gerakan Keadilan Indonesia Raya Sejahtera.

Perihal porsi penyaluran, raskin 13 dan 14 tidak berbeda dengan raskin sebelumnya. Setiap RTS mendapatkan jatah 15 kg beras. Hercol mengungkapkan setiap kabupaten/kota diharuskan menyampaikan surat permintaan alokasi (SPA) untuk mendapatkan raskin 13 dan 14. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi telah mengeluarkan Surat Keputusan Gubernur No 241 Tahun 2015 tentang Penetapan Tambahan Alokasi Pagu Program Subsidi Beras bagi masyarakat miskin pada 2015.

“Selaku Wakil Rakyat, kami akan mengawal penyaluran Raskin tersebut agar benar-benar sampai kepada masyarakat miskin ”jangan bermain api, karena yang pasti terbakar nanti”, karena sudah ada pengalaman yang lalu bahwa raskin sering disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu contoh Raskin 23 Ton yang di tangkap petugas kepolisian pada bulan December 2014 dan juga gudang penampungan raskin yang di sinyalir dijadikan tempat penampungan beras raskin arus balik yang kami grebek bersama-sama dengan aparat kepolisian pada bulan Juli 2015 sampai dengan saat ini tidak jelas prosesnya seperti apa…!??Papar Hercol panggilan akrab Kader Partai Gerindra Kota Kotamobagu ini.

“Kami mewarning kepada pihak-pihak yang terkait dalam melakukan distribusi raskin agar benar-benar mengikuti prosedur penyalurannya. Untuk mengawasi penyaluran tersebut kami telah bekerja sama dengan LSM Pemuda Pancasila (PP) Kota Kotamobagu dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kotamobagu, untuk mengawal/mengawasi penyaluran di tiap-tiap desa/kelurahan di Kota Kotamobagu” ucap Hercol.

Selanjutnya, “kami sementara merampungkan data-data yang kami himpun dilapangan, dalam waktu dekat kami akan melakukan hearing dengan Perum Bulog Divre Kotamobagu dan selanjutnya akan melakukan kunjungan kerja ke Perum Bulog Divre Sulut dan Bulog Pusat serta Mabes Polri. ujar Herry F.Coloay,SE” menutup pembicaraan.(Oct/Win)

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*