Sensus Ekonomi 2016
Sensus Ekonomi 2016

ADM Gandeng BPS RI Laksanakan Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016

LiputanBMR, Kotamobagu – Mengandeng Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS-RI), Aditya Didi Moha S.Ked MM (ADM), Anggota DPR RI Komisi XI, menggelar sosialisasi program Sensus Ekonomi Tahun 2016 yang bertempat di Cafe Bulawan Kelurahan Kotobangun Kota Kotamobagu, Selasa (05/04) sore tadi.

ADM Saat Menjadi Pembicara Di Sosialisasi Sensus Ekonomi

ADM Saat Menjadi Pembicara Di Sosialisasi Sensus Ekonomi

Agenda sosialisasi yang dimulai pukul 16:00 WITA tersebut, dihadiri sejumlah elemen baik unsur Pemerintah Kota Kotamobagu, maupun perwakilan lembaga masyarakat.

Dalam sosialisasi tersebut, dikemukakan bahwa Sensus Ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan referensi perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Sensus dilaksanakan di seluruh wilayah NKRI, mencakup semua aktivitas ekonomi, baik skala mikro, usaha kecil dan menengah hingga skala besar, kecuali sektor pertanian. Pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian) akan menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian.

Tujuan SE2016 dibagi dalam Tujuan Umum dan Tujuan Khusus. Tujuan umumnya mencakup upaya untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian, mulai dari skala mikro, kecil, menengah, hingga skala besar. Ini dilakukan sebagai landasan penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan. Sedangkan Tujuan Khususnya meliputi; basis data strategis untuk membangun perekonomian Indonesia berbasis nawacita, memberi gambaran lengkap level dan struktur ekonomi, memperoleh informasi dasar semua sektor ekonomi dan karakteristik usaha di Indonesia, mengetahui daya saing bisnis dalam upaya untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Sensus Ekonomi 2016 Di Cafe Bulawan Kota Kotamobagu

Sensus Ekonomi 2016 Di Cafe Bulawan Kota Kotamobagu

ADM juga menjelaskan, lapangan usaha yang akan disensus terkait program SE2016 meliputi kegiatan usaha; pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, pengadaan listrik gas uap air panas dan udara dingin, pengadaan air, pengelolaan air limba, pengelolaan daur ulang sampah, aktivitas remediasi, konstruksi, perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan kendaraan bermotor, pengangkutan dan pergudangan, real estate, penyediaan akomodasi makan dan minum, informasi dan komunikasi, aktivitas keuangan dan komunikasi, aktivitas profesional ilmiah dan teknis, penyewaan dan sewa gedung guna usaha, pendidikan, aktivitas kesehatan manusia dan aktivitas sosial, kesenian hiburan dan rekreasi, termasuk aktivitas badan internasional.

Selanjutnya, terkait responden atau sumber data yang merupakan kelompok sasaran dalam kegiatan SE2016 ini, dijelaskan bahwa yang akan menjadi fokus adalah seluruh usaha/perusahaan non pertanian bertempat di; Lokasi Permanen yang meliputi; mall/pasar, supermarket, kantor, hotel, restoran, bank, pabrik. Sedangkan Lokasi Tidak Permanen meliputi ; pedagang kaki lima dan pasar kaget. Untuk Usaha Keliling meliputi; tukang jajanan keliling, penyedia jasa keliling. Sedangkan Usaha Rumah Tangga meliputi; warung, usaha isi ulang pulsa, dan usaha online. Dalam usaha online ini digarisbawahi perlu upaya ekstra pada saat pencacahan di lapangan.

Peliput: R_Th

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Rian Thalib

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*