Jokowi Terima Kunjungan Wapres AS Mike Pence

LiputanBMR.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden (wapres) Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence (Mike).

Presiden bersama Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut Mike yang didampingi sang istri, Karen Pence dan dua orang putrinya, Audrey Pence dan Charlotte Pence di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4).

Mike dan keluarga menggunakan mobil kepresidenan AS. Dari pantauan SP, siswa siswi Sekolah Dasar dengan memakai busana adat berbagai daerah menyambut rombongan Wapres AS, mulai pintu gerbang Istana Merdeka hingga teras.

Rangkaian selanjutnya yakni sesi foto bersama. Mike kemudian mengisi buku tamu negara yang lazim diisi para kepala negara atau pemerintahan negara sahabat.

Jokowi lalu mengajak Mike menuju beranda belakang Istana Merdeka untuk berbincang. Keduanya lalu menggelar pernyataan pers bersama di Ruang Kredensial, Istana Merdeka.

“Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat, Yang Mulia Michael Richard Pence. Ini pertemuan pertama saya dengan administrasi Amerika Serikat. Namun komunikasi saya melalui telepon, saya lakukan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Januari lalu,” kata Presiden Jokowi mengawali jumpa pers.

Jokowi mengungkapkan, pertemuan dengan Mike membahas sejumlah isu bilateral dan internasional. Pertama, komitmen AS meningkatkan kemitraan strategis di bidang investasi. “Bulan depan akan ada tim yang bahas mengenai peraturan perdagangan, investasi berdasar prinsip-prinsip win-win solution,” ujarnya.

Kedua, masih kata Jokowi, Indonesia dan AS sepakat menguatkan kerja sama di bidang perdamaian.

Jokowi juga menitipkan salam kepada Presiden AS Donald Trump.

Sementara itu, Mike berterima kasih atas kehangatan sambutan dari Presiden Jokowi. Mike optimistis masih terdapat peluang yang besar atas produk-produk AS di Indonesia.

Mike menambahkan, Presiden AS Donald Trump juga mempunyai komitmen menjalin kerja sama keamanan. “Amerika Serikat berdiri bersama Indonesia untuk mengutuk keras aksi-aksi terorisme,” ucapnya.

Wapres AS beserta rombongan dijadwalkan menyaksikan persembahan kesenian dan budaya khas nusantara yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta

 

 

Sumber : BeritaSatu.com

Komentar Facebook

Komentar

KPUD Bolmut

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*