Arman-Lumuto4

DPRD Bolmut Warning Kepala Desa Jika Ada Pemberhentian BPD Sepihak

LiputanBMR.com, Bolmut – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mewarning kepada seluruh Kepala Desa di Bolmut, agar tidak ada pemberhentian sepihak terhadap Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua 1 DPRD Bolmut Arman Lumoto kepada  awak media ini, (19/4) mengatakan, bahwa tidak seharusnya kepala desa melakukan pemberhentian sepihak kepada BPD, sebab  kedudukan BPD diperlukan untuk membahas Rancangan Peraturan Desa Bersama Kepala Desa serta melakukan Pengawasan Terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Dalam membahas Rancangan Peraturan Desa dengan Pemerintah Desa menurut UU No. 6/2014 , maka  BPD mempunyai kedudukan yang sederajat dengan Pemerintah Desa dan dapat duduk bersama untuk melakukan Musyawarah dalam membuat kesepakatan tentang Peraturan Desa.

Lumoto menambahkan, Hubungan antara BPD dengan kepala desa sebagai mitra kerja dalam kedudukanya antara Legislatif dan Eksekutif Desa, seperti yang tertuang dalam UU No. 6/2014 tentang kedudukan BPD yang sejajar dengan Kepala Desa.

Oleh sebab itu,  Pembuatan Peraturan Desa harus di sepakati oleh Badan Permusyawaratan Desa dan BPD memiliki kewenangan untuk mengajukan usul pemberhentian Kepala Desa dalam hal Kepala Desa Berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri, berakhir masa jabatanya dan telah dilantik pejabat yang baru, dan  tidak dapat melakukan tugas secara berkelanjutan atau berhalangan tetap secara berturut-turut selama 6 (enam) bulan.

maka BPD berhak  mengusulkan kepada pimpinan daerah dalam hal ini bupati untuk menganti Kepala Desa berdasarkan keputusan musyawarah BPD, maka Kepala Desa tidak mempuyai kewenangan untuk melakukan pemberhentian terhadap BPD. “ karena BPD di angkat melaui Musyawarah Masyarakat dan yang memberikan SK BPD adalah Bupati bukan Kepala Desa, maka Kepala Desa tidak berhak melakukan pemberhentian terhadap BPD,” Terang Lumoto.

Terpisah kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Bolmut Halifax Olii saat di konfirmasi tidak merespon sama sekali, padahal hp lagi aktif,”  (Irsan Manggopa)

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*