Pjs bupati boltim

Pj Bupati Berharap Produksi Pertanian Meningkat

LiputanBMR.com, TUTUYAN – Pj Bupati Bolaang Mongondow Timur, Muhamad Rudi Mokoginta SE MTP, berharap produksi pangan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dapat ditingkatkan. Hal ini disampaikan Pj Bupati saat kegiatan Gerakan Boltim Menanam yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Boltim bekerjasama dengan Kelompok Tani Lonsiow Satu di Desa Motongkat Utara, Kecamatan Nuangan, pada Selasa (1 Desember 2015).

“Dengan peningkatan produksi pertanian ini, diharapkan kesejahteraan masyarakat turut meningkat,” ujar Pj Bupati. Dia juga berharap program pertanian di daerah ini dapat turut menopang program pemerintah pusat mewujudkan Kemandirian Pangan Nasional dan Pengembangan Seribu Desa Mandiri Padi Tahun 2015. Pj Bupati berharap, instansi terkait serta pemerintah di masing-masing wilayah mendorong pemanfaatan potensi di daerah ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah akan menstimulasi kelompok-kelompok tani untuk meningkatkan produktivitasnya dan mendongkrak taraf hidup masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Boltim, Ramlah Mokodompis SP, mengatakan, upaya mencetak sawah baru terus dilakukan. Lokasi tempat penanaman benih padi yang menghadirkan Pj Bupati ini berada di lahan persawahan seluas sekira 145 ha. Sedangkan potensi lahan sawah di Motongkad sekira 200 ha. “Artinya, ada 55 ha lagi yang potensi dijadikan sawah,” ujar Ramlah, seraya menambahkan ada sekira 60 ha di Desa Matabulu dan 20 ha di Nuangan yang siap dibuka menjadi lahan persawahan baru.

Ramlah menjelaskan, teknis pengolahan sawah dan bantuan teknologi pertanian juga terus ditingkatkan. Dengan demikian, produksi di setiap lahan pertanian bisa meningkat. Dia mencontohkan, kegiatan saat ini adalah praktek sistem penanaman jajar legowo. Tujuan dari teknik penanaman model ini adalah meningkatkan kapasitas produksi dari lahan yang tersedia.

Bagian Humas dan Protokol Setda Kab. Boltim

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*