KPUD Boltim Lantik 240 Anggota PPS Terpilih

KPUD Boltim Lantik 240 Anggota PPS Terpilih

Liputan BMR, Boltim – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar pelantikan 240 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih dalam rangka Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boltim bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Tutuyan, Senin (18/5).

Dalam pengambilan sumpah dan janji 240 PPS langsung dipimpin oleh Ketua KPUD Boltim Awaluddin Umbola di dampingi dua rohaniawan dan setelah itu dibacakan pakta integritas oleh Ketua Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia Devita Pandey.

Awaluddin dalam Sambutannya mengatakan kepada seluruh Anggota PPS yang telah dilantik agar menjaga independensi sebagai penyelenggara pemilu. Jangan terkontaminasi dengan bisikan dan rayuan, karena pasti bisikan dan rayuan di pemilu kepala daerah ini sangat besar sekali, dan pasti rayuan dan bisikan itu akan bapak-bapak dan ibu-ibu akan temui.

“Karena benar secara teknis pelaksanaan pilkada ada beberapa hal yang tidak serumit pelaksanaan pileg, karena praktis calon yang kita urusin hanya sedikit, tetapi ada hal-hal teknis lainnya yang sangat private, justru itu integritas dan independensi dari bapak dan ibu kami harapkan,” kata Umbola.

Lanjut umbola menginformasikan kepada seluruh stakeholder yang ada bahwa perekrutan yang dimulai dari PPK hingga PPS adalah wajah-wajah baru yang mempunyai independensi dan integritas. “Jadi rata-rata pemain baru semua untuk PPK dan PPS, maka sudah tidak diragukan lagi independensi dan integritasnya. Insya Allah ini pemain-pemain baru tidak lagi terkontaminasi dengan hal pelaksanaan pemilu dan format pada pelaksanaan lalu,”

Wakil Bupati Medy Lensun yang mewakili pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Boltim dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh PPS yang dilantik agar menjaga independensi dan integritas sebagai penyelenggara Pemilukada yang adil dan jujur. “Tanggung jawab PPS adalah tanggung jawab moral dimana seperti yang tertuang di dalam pakta integritas yang dibacakan sangatlah jelas mengenai independensi seorang penyelenggara Pemilukada,” terangnya.

Hadir dalam pelantikan, Ketua Awaludin Umbola beserta empat Komisioner dan sekretaris KPUD Boltim, Pimpinan Panwaslu Boltim Hariyanto dan Billy Kawuwung, Wakil Bupati Boltim Medy Lensun Beserta Asisten 1, Kepala Kesbangpol Irwan Kiay Demak beserta Kabid Poldagri, Camat Nuangan, Kotabunan dan Modayag, serta daru unsur TNI dan Polri. (SB)

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*