Kepala DPPKAD Boltim Oskar Monoppo
Kepala DPPKAD Boltim Oskar Monoppo

Alokasi DANDES Boltim Sudah Mulai Direalisasikan

LiputanBMR, Boltim – Dari 80 desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, mulai bulan mei 2016 sudah 30 desa yang sudah dilakukan posting (APBDes) dan 9 desa yang sudah melakukan pencairan anggaran tahap satu pencairan Dandes dan ADD, sementara sudah dalam tahapan pelaksanaan pekerjaan fisik sesuai dengan bentuk usulan di masing masing wilayah desa yang ada di Boltim.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah “Oskar Manoppo saat dikonfirmasi awak media LiputanBMR.com diruang kerjanya, mengatakan, untuk tahun ini memang sedikit berbeda dengan tahun kemarin 2015, namun tahun ini jumlah Dandes dan ADD ada sedikit kenaikan menembus di kisaran 1 miliard perdesa, dan hal tersebut tentunya sangat membanggakan.

dia juga menambahkan bahwa, 80 desa yang ada sudah 9 desa yang  dicairkan dari 30 desa yang di posting dan sudah memenuhi persyaratan yang sesuai permintaan, dari desa yang sudah cair tersebut untuk tahap pertama total anggaran yang sudah cair perdesanya di kisaran kurang lebih lima ratus juta.

Terkait adanya persoalan keterlambatan pencairan ADD pada awal tahun 2016, karena rilis dari pusat, jumlah anggaran ada perubahan akibat terbit surat keputusan (SK) kementrian keuangan yang mengintruksikan bahwa adanya persoalan Keuangan Negara, sehingga DAK mengalami pengurangan sebesar 10% karena pengaruh belanja. Untuk itu DAK mengalami pengurangan 13 miliard dari 132 miliard jumlah alokasi ADD dan Dandes,” terang Oskar.

Lebih jauh oskar mengatakan, untuk sekarang ini, total anggaran yang sudah disalurkan sekitar 4,5 miliard. Adapun dana yang sudah masuk kekas daerah Rp 29 miliard dari total 50 miliard, jumlah Dandes dan ADD di Boltim sekitar Rp 75,8 miliard, dan setiap desa yang ada di Boltim akan memperoleh dana kurang lebih Rp 900 juta hingga Rp 1,1 miliard Dandes dan ADD,” tutupnya.

Peliput: Muliady Sugeha

Redaktur: R_Th

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Rian Thalib

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*