Plt Kepala Dinas PU Boltim Sjukri Tawil
Plt Kepala Dinas PU Boltim Sjukri Tawil

200 Unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Di Pemkab Boltim Dapat Bantuan Rehab Melalui Anggaran APBN

LiputanBMR, Boltim – Terkait adanya program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dengan bantuan rehab 200 unit rumah di sejumlah wilayah yang ada, kegiatannya akan dilakukan pengalokasian anggaran dalam waktu dekat pada tahun ini.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas PU Boltim Sjukri Tawil kepada awak media LipiutanBMR.com, senin (18/04). Sjukri mengatakan, anggaran rehab rumah tersebut bersumber dari dana APBN yang dikoordinir oleh Pemprov Sulut, namun jumlah anggaran belum diketahui berapa kisaran anggaranya, namun kegiatannya untuk 200 unuit rumah dari informasi yang ada.

Adapun yang menjadi target (RTLH) ini difokuskan diwilaya kecamatan kotabunan, dan melalui proses swakelola oleh pihak ketiga yang telah ditunjuk Pemerintah Provinsi, untuk menangani pelaksanaanya,” ujar Sjukri.

Sjukri juga menambahkan, saat ini pendataan masih dilakukan bagi yang berhak menerima, dan hal ini berkordinasi dengan dinas sosial supaya tidak terjadi tumpang tindih dengan program RTLH yang ada di pemda boltim, untuk menghindari adanya dobel dalam menerima bantuan tersebut.

Dari informasi yang ada juga, bahwa satu rumah hanya menerima bantuan rumah dan tidak diserahkan dalam bentuk uang namun dengan cara pemberian bahan bangunan, warga tinggal menerima jadinya,” terang Tawil.

Jumlah anggaran yang ada juga berfariasi, untuk persatu rumah tergantung pada tingkat kerusakan rumah yang direnovasi, mulai dari 15 juta sampai 30 juta tergantung bangunannya. disamping itu juga adanya persoalan banyaknya masyarakat miskin yang tidak punya tanah, melainkan hanya meminjam tanah, padahal itu merupakan salah satu persyaratan untuk harus tanah milik sendiri dan bukan status pinjaman,” tutupnya.

Peliput: Mulyadi Sugeha

Redaktur: R_Th

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Rian Thalib

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*