IMG_0420_1-620x330

KPU Bolsel Beri Waktu Penambahan Dukungan Pasangan Perseorangan

LiputanBMR.com, Bolsel – Hasil pleno Verifikasi  Faktual yang dilaksanakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Kamis (9/7/2015), syarat dukungan ke pasangan Haris Kamaru dan Yusuf Mooduto (HakYm) hanya dikisaran tiga ribuan lebih. Ini berarti dukungan untuk maju bertarung di Pilkada sebagai syarat administrasi belumlah cukup.

Dari hasil yang diperoleh, pasca pleno ditingkat PPK di  lima Kecamatan  di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) pasangan HakYm hanya memperoleh dukungan 3.443 dukungan. Jumlah itu merupakan hasil verifikasi faktual yang dilakukan PPS disetiap desa lewat door to door.

Komisioner KPU Bolsel Mishart Acim Manoppo mengatakan,  untuk tahapan yang akan dilakukan masih satu tahap lagi. Di mana dari hasil pleno PPK yang sudah dilakukan masih akan  dilakukan pleno di tingkat KPU. “Jadi KPU akan memplenokan lagi soal dukungan untuk pasangan perseorangan,” kata Mishart.

Lanjutnya, andai jumlah dukungan hanya berkisar tiga ribuan, tentu pasangan HakYm harus menambah lagi dukungan mereka sebagai syarat mutlak. Sebab setelah diplenokan, masih ada waktu yang akan diberikan untuk pasangan perseorangan untuk memperbaiki berkas administrasi mereka.

“Batas pemasukan sampai 14 Agustus masa perbaikan dukungan. Aturan jika memang informasi yang diterima pasangan HakYm hanya mendapat dukungan 3.443 dukungan, tentu harus menambah sebanyak dua kali lipat lagi. Jadi intinya pasangan HakYm harus menambah dukungan sebanyak 6.886,”ucapnya.

Memang dari pantauan di lapangan, sejak dimulainya proses verifikasi faktual oleh PPS pada 23 Juni 2015,banyak protes yang disampaikan warga karena pengunaan foto copy KTP tampa sepengetahuan pemiliknya,  namun hasil door to door yang dilakukan PPS, masih tersisa, 3.443 dukungan, (AL/Win)

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*