IMG_20150714_034035

BIMTEK Pemutakhiran Data Pemilih Di Laksanakan KPU Bolsel

LiputanBMR.com, Bolsel — Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (sulut), melaksanakan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),Panitia Pemungutan Suara (PPS)  dan, Panitia Putahiran Data. Pemilih (PPDP), se Kabupaten Bolsel, kegiatan yang dilaksanakan Senin, Tgl (13/7 2015),  sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Bupati dan wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur, serentak pada Desember 2015.

Ketua KPU Zulkarnain Kamaru, dalam sambutanya, mengatakan regulasi yang mendasari pemuktahiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih adalah data yang konprehensif, akurat, dan faktual. “PPK memiliki peran penting dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih,” katanya.

Dia (Ketua KPU Bolsel – Red) menjelaskan tugas penyelenggara pilkada adalah melayani dan memastikan masyarakat dapat memenuhi syarat sebagai pemilih dan terdaftar sebagai pemilih dalam pilkada mendatang. Oleh karena itu, PPK diminta memastikan panitia pemungutan suara dan petugas pemutakhiran data pemilih memahami dengan baik dan benar tentang tata cara pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Zulkarnain, menjelaskan empat poin dalam pelaksanaan pencocokan dan penelitian daftar pemilih yang harus diketahui PPK, misalnya, memperbaiki data pemilih yang tidak akurat. Selain itu, melengkapi data pemilih yang tidak lengkap, mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat, dan mendaftarkan pemilih yang belum mendaftar.

Lanjutnya  Kamaru “jangan sampai kebiasaan lama terulang kemabli, artinya, yg namanya pemutahiran data, biasanya dikerjakan diatas Meja ini jangan sampai ditemukan, ” ungkapnya,  Seraya membuka, acara Bimtek, setelah acara seslesai, KPU bolsel memberikan Buku Panduan, tentang pemutahiran data.(A.L/Win)

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*