Diduga 40% Dana Pasien RSUD Tidak Masuk Kas Daerah, DPRD Bolmut Angkat Bicara

LiputanBMR.com, Bolmut – Sekitar 60 juta dana pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut)  Kurang Jelas (KJ). Diduga, 40 % dana pasien tidak masuk kas daerah.

Terinformasi, semenjak Peraturan Daerah (Perda) retribusi RSUD diterbitkan Desember 2016, banyak kejanggalan mengakibatkan, Direktur RSUD Bolmut dr Winny Sowikromo harus menggelar rapat tertutup dan memaksa lima orang yang diduga terlibat harus melakukan pengembalian secara tunai.

“Kasus ini sudah lama dan terus terulang. Banyak uang pasien tidak masuk kas daerah padahal, semuanya berasal dari pasien. Uangnya dikemanakan ?,” kesal salah satu sumber yang enggan namanya dikorankan.

Mantan Direktur Utama (Dirut) RSUD Bolmut Dr Fitri Akub mengatakan, selisih dana pasien tidak dipakai pribadi namun itu adalah kebijakan bagi pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan pasien umum lainnya yang tidak mampu membayar.

“Ini adalah kesalahan administrasi bukan disengajakan apalagi dikatakan terpakai pribadi. RSUD Bolmut adalah
RSUD tipe D milik pemerintah bukan milik swasta yang memaksakan pasien tidak mampu tapi dipaksa harus membayar,” umbar Titi akrabnya.

Dia juga menyayangkan bila selisih dana pasien dipaksa harus dikembalikan secara tunai mengingat hal itu hanya kesalahan administrasi dan kebijakan RSUD.

“Kami berharap persoalan ini akan segera terselesaikan dengan kepala dingin dan duduk bersama,” harapnya.

Personil Dekab Bolmut Abdul Eba Nani menegaskan, selisih pembayaran retribusi RSUD tidak perlu dikembalikan mengingat, selisih dana pasien adalah kebijakan rumah sakit yang diperuntukkan bagi pasien pengguna kartu KIS dan pasien umum tapi tidak mampu membayar.

“Bila selisihnya dialokasihkan bagi pasien yang tidak mampu, tidak perlu ada pengembalian apalagi, pasien yang menggunakan kartu KIS dibayar oleh pemerintah kami berharap, persoalan ini diselesaikan secara bijak  jangan dipolemikkan,” harapnya.

Sayangnya, pihak RSUD Bolmut enggan dimintai tanggapan. Dirut RSUD Bolmut dr Wini Suwikromo memilih menghindar saat beberapa awak media ini bertandang diruang kerjanya. (Irsan Manggopa)

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*