Dugaan Penyalahgunaan Dana Bumdes Tahun 2016, Sangadi Bohabak Dihering

LiputanBMR.com, Bolmut – Komisi l Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Senin 22/1-2018, gelar hering bersama masyarakat Bohabak lll terkait Dugaan penyalagunaan Dana Bumdes oleh Sangadi (Kepala Desa) Tahun 2016.

Usai hering Ketua Komisi I DPRD Bolmut Aktrida Datungsolang, ketika dikonfirmasi mengatakan, dari hasil hearing tersebut, ada beberapa catatan yang akan direkomendasikan ke pihak eksekutif dalam hal ini Bupati, untuk memberikan teguran kepada Sangadi Bohabak III.

Pihaknya juga akan merekomendasikan ke Dinas Pemerdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPMD) untuk melaksanakan pendampingan terhadap BUMDES yang ada di setiap desa. “Kami juga meminta kepada pihak Inspektorat, dapat turun ke desa-desa untuk memeriksa pelaksanaan BUMDES,”kata Aktrida.

Ditambahkannya, hal ini bisa menjadi catatan dan pengalaman bagi seluruh Sangadi, agar kedepan lebih selektif dalam pengawasan Bumdes, serta perencanaannya harus lebih maksimal. “Dari 107 Desa yang ada saat ini, hanya dua desa yang menjalankan Bumdes dengan baik. Ini sebuah hasil yang sangat mengecewakan. Kami juga meminta kapada semua Sangadi, agar harus transparan dalam penggunaan Dana Desa,” tegasnya.

Terpisah, kepala DPMD Bolmut Fadly Usup, saat dimintai tanhgapanya mengatakan, pihaknya akan menjalankan rekomendasi yang diberikan DPRD. “Kami akan segera menindaklanjuti beberapa catatan dari DPRD. Diminta juga kepada para Sangadi, agar dalam pengelolaan Bumdes melalui dana desa harus lebih baik lagi,” tutup Fadli.

(IM)

Komentar Facebook

Komentar

Pemerintah Kota Kotamobagu

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*