Salihi

SKPD Bolmong, Diinstruksikan Bupati Percepat Input RUP

LiputanBMR.com, Bolmong – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diinstruksikan agar segera menginput Rencana Umum Pengadaan (RUP) di Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) paling lambat pekan depan. Hal itu sebagaimana dikatakan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Salihi Mokodongan.

“Agar minggu ketiga Januari, proses tender proyek sudah bisa dilaksanakan. Ini sesuai surat edaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) agar penyerapan anggaran tahun ini bisa maksimal,”terang salihi.

Tahun lalu, Pemkab menargetkan serapan anggaran 90 persen dari total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015 sebesar Rp 767 miliar.

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bolmong, Haris Dilapanga, mengatakan bahwa cepat atau lambatnya proses lelang proyek tergangtung masing-masing SKPD selaku pemilik program. Agar proses lelang bisa dilakukan lebih awal, SKPD harus segera menginput RUP di LPSE.

Dia menjelaskan, pada lelang proyek tahun lalu yang dilakukan LPSE, Pemkab telah melakukan penghematan besar-besaran dari Sisa Hasil Tender (SHT). Meski demikian pihaknya memastikan kualitas pembangunan tetap baik. Lantaran, sebelum melaksanakan proyek pembangunan maupun pengadaan barang dan jasa, Pemkab dan kontraktor akan menandatangani kontrak pekerjaan.

“Jika prosedur pembangunan tidak dilaksanakan oleh kontraktor maka kami akan langsung memutuskan kontraknya,” tutupnya.

Peliput: Rian Thalib

Komentar Facebook

Komentar

Klinik Utama Kasih Fatimah

About Windiarto

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib diisi *

*